PROFIL SENSORI PRODUK MSG PT. X DENGAN VARIASI MEDIA AIR MINERAL DAN KALDU AYAM

Authors

  • Devi Marisa Maulidiah Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya
  • Kiki Fibrianto

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2019.007.02.4

Keywords:

Atribut, MSG, Panelis

Abstract

Analisis sensori merupakan analisis yang menggunakan indera manusia sebagai instrumennya. PT. X salah satu perusahaan yang memproduksi monosodium glutamate (MSG). PT. X ingin mengetahui karakteristik sensori produknya dengan menggunakan analisis sensori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sensori produk akhir MSG PT. X. Metode yang digunakan yaitu quantitative descriptive analysis (QDA) dengan variasi media pelarut air mineral dan kaldu ayam. Dari penelitian ini terdapat 9 karyawan yang menjadi panelis terlatih. Atribut MSG yang dilarutkan dalam air mineral yaitu menghasilkan rasa umami, aftertaste umami dengan intensitas lebih rendah daripada dilarutkan dengan kaldu ayam, meningkatkan mouthfeel getir, menghasilkan mouthfeel menyebar, dan tidak menghasilkan aftertaste manis. MSG yang dilarutkan dalam kaldu ayam meningkatkan rasa umami, aftertaste umami, menurunkan mouthfeel getir, menghasilkan aftertaste manis tetapi tidak menghasilkan mouthfeel menyebar.

 

Kata kunci: Atribut, MSG, Panelis

 

Downloads

Published

08-08-2019

How to Cite

Maulidiah, D. M., & Fibrianto, K. (2019). PROFIL SENSORI PRODUK MSG PT. X DENGAN VARIASI MEDIA AIR MINERAL DAN KALDU AYAM. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 7(2), 37–46. https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2019.007.02.4

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>