PROFIL SENSORI PRODUK MSG PT. X DENGAN VARIASI MEDIA AIR MINERAL DAN KALDU AYAM

Devi Marisa Maulidiah, Kiki Fibrianto

Abstract


Analisis sensori merupakan analisis yang menggunakan indera manusia sebagai instrumennya. PT. X salah satu perusahaan yang memproduksi monosodium glutamate (MSG). PT. X ingin mengetahui karakteristik sensori produknya dengan menggunakan analisis sensori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sensori produk akhir MSG PT. X. Metode yang digunakan yaitu quantitative descriptive analysis (QDA) dengan variasi media pelarut air mineral dan kaldu ayam. Dari penelitian ini terdapat 9 karyawan yang menjadi panelis terlatih. Atribut MSG yang dilarutkan dalam air mineral yaitu menghasilkan rasa umami, aftertaste umami dengan intensitas lebih rendah daripada dilarutkan dengan kaldu ayam, meningkatkan mouthfeel getir, menghasilkan mouthfeel menyebar, dan tidak menghasilkan aftertaste manis. MSG yang dilarutkan dalam kaldu ayam meningkatkan rasa umami, aftertaste umami, menurunkan mouthfeel getir, menghasilkan aftertaste manis tetapi tidak menghasilkan mouthfeel menyebar.

 

Kata kunci: Atribut, MSG, Panelis

 


Keywords


Atribut; MSG; Panelis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.