PENGEMBANGAN PRODUK KOPI PREMIUM DENGAN METODE QFD SEBAGAI PRODUK UNGGULAN KELOMPOK TANI KOPI MAKMUR ABADI

Jaya Mahar Maligan, Muhammad Aditya Dwisaputra, Siti Asmaul Mustaniroh

Abstract


Kelompok Tani Kopi Makmur Abadi (KTKMA) merupakan salah satu produsen kopi  yang berada di Jawa Timur dengan produk kopi bubuk Tri Tunggal. Permasalahan yang dihadapi adalah kualitas bubuk kopi yang cukup rendah. Oleh karena itu, diperlukan langkah pengembangan produk kopi baru dengan kualitas lebih baik yang dilabeli sebagai kopi premium. QFD merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menerjemahkan Voice of Customer (VoC) menjadi produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Variabel kualitas kopi yang digunakan adalah fragrance/aroma, flavor, aftertaste, salt/acid, bitter/sweet, mouthfeel, balance, uniform cups, clean cups, dan overall. Responden penelitian berjumlah 96 orang untuk mengisi kuesioner VoC dan 10 orang sebagai panelis terlatih. Melalui analisis dengan metode QFD diketahui bahwa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, KTKMA perlu melakukan pelatihan operator sesuai instruksi kerja, kontrol pascapanen buah dan biji kopi, kontrol tahap sortasi biji kopi, kontrol konsistensi suhu dan durasi penyangraian, dan kontrol durasi pendinginan biji kopi.


Keywords


Kebutuhan; Konsumen; Kopi premium; QFD

Full Text:

PDF

References


Abuzid, H. F. T. 2017. Applying QFD Tools for Quality Improvements in Curriculum Design and Teaching Strategies to Meet with the Customer (Learner) Needs. Journal of Engineering and Applied Sciences 12:3, 684 – 690

Adriantantri, E. 2008. Aplikasi Metode Quality Function Deployment (QFD) dalam Usaha Memenuhi Kepuasan Pelanggan terhadap Produk Aqua Gelas 240 mL pada PT. Tirta Investama Pandaan. Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2008 Bidang Teknik Industri, 37 – 44

Afriliana, A. 2018. Teknologi Pengolahan Kopi Terkini. Deepublish. Yogyakarta

Andriani, D. P., Mochammad C., dan Dea P. 2017. Aplikasi Quality Function Deployment untuk Redesign Kontainer Penyimpanan pada Industri Kemasan Kaleng. Jurnal Teknik Industri 18:2. 176 – 190

BSN. 2008. SNI 01-2907:2008, Biji Kopi. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta

Bucheli, P., Inge M., Alain P., Gilles V., dan Rinantonio V. 1998. Industrial Storage of Green Robusta Coffee under Tropical Conditions and Its Impact on Raw Material Quality and Ochratoxin a Content. J. Agric. Food Chem. 46, 4507 – 4511

Dharmawan, A., Firstyoryza C., dan Sukrisno W. 2018. Determining Optimum Point of Robusta Coffee Bean Roasting Process for Taste Consistency. Pelita Perkebunan 34:1, 59 – 65

Effendi, M., Usman E., Aprilliya P. R. 2015. Analisis Perencanaan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen dengan Metode Quality Function Deployment. Industria 4:1, 41 – 52

Gumilar, I. 2007. Metode Riset untuk Bisnis dan Manajemen. Utama. Bandung

Jensen, F. 2017. Quality Function Deployment: The Evolved 4-Phase Model. Lulu Publisher. Morrisville

Mehrjerdi, Y. Z. 2010. Quality Function Deployment and Its Extensions. The International Journal of Quality & Reliability Management 27:6, 616 – 640

Prasad, B. 1998. Review of QFD and Related Deployment Techniques. Journal of Manufacturing Systems 17:3, 221 – 234

Prasad, M. V. dan Chandra S. P. 2013. A Study on Implementation of Quality Function Deployment Technique in Product Design Stage. International Journal of Management Research and Review 3:6, 2966 – 2974

Siyoto, S. dan Muhammad A.S. 2015. Dasar Metodologi Peneliitian. Literasi Media Publishing. Sleman

Syah, H., Yusmanizar, dan Oki M. 2013. Karakteristik Fisik Bubuk Kopi Arabika Hasil Penggilingan Mekanis dengan Penambahan Jagung dan Beras Ketan. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia 5:1, 32 – 37

Trinafianita, E dan T D Widyaningsih. 2018. Kajian Perlakuan Awal Bahan dan Proporsi Penyeduuhan Kopi Bubuk : Air Pada Proses Pembuatan Kopi Dari Kulit Buah Kopi Arabika (Coffea Arabica L) Lereng Bromo. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol 6 No.4: 59-69, Oktober 2018.

UCDA. 2010. Robusta Cupping Protocols. Uganda Coffee Development Authority. Uganda

Umar, H. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Indeks. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jpa.2020.008.04.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jaya Mahar Maligan, Muhammad Aditya Dwisaputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.