KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK JELLY CINCAU HITAM (Mesona palustris Bl) (KAJIAN KONSENTRASI SIMPLISIA CINCAU HITAM DAN KONSENTRASI KARAGENAN)

Rositha Adryana Christanti, Wahono Hadi Susanto, Endrika Widyastuti

Abstract


Simplisia cincau hitam memiliki banyak manfaat untuk mencegah berbagai penyakit sehingga masyarakat mulai membudidayakannya. Jenis pengolahan produk ini masih sedikit sehingga perlu adanya diversifikasi produk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antara konsentrasi simplisia dan konsentrasi karagenan pada pembuatan jelly cincau hitam terhadap sifat fisik, kimia, dan organoleptik jelly cincau hitam. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial dengan 2 faktor, yaitu konsentrasi simplisia dan konsentrasi karagenan.

Hasil penelitian menunjukan, interaksi antara konsentrasi simplisia dan konsentrasi karagenan berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan, tekstur, nilai kecerahan (L*), kemerahan (A*) dan kekuningan (B*). Pada analisis perlakuan terbaik metode Zeleny didapatkan perakuan terbaik pengujian kimia dengan konsentrasi simplisia 1.5% dan konsentrasi karagenan 0.5%, pengujian fisik perlakuan terbaik terletak pada konsentrasi simplisia 1.5% dan konsentrasi karagenan 1%, dan pada uji organoleptik perlakuan terbaik didapatkan dengan konsentrasi simplisia 1% dan konsentrasi karagenaan 1%.

 

Kata kunci: Cincau hitam, Ekstrak cincau, Jelly


Keywords


Cincau hitam; Ekstrak cincau; Jelly

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jpa.2019.007.01.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rositha Adryana Christanti, Wahono Hadi Susanto, Endrika Widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.