PENGARUH PROPORSI (NIRA : AIR) DAN PROSES PASTEURISASI TERHADAP KUALITAS MINUMAN LEGEN DALAM KEMASAN [IN PRESS JANUARI 2016]

Meilani Anugrah Gusti, Simon Bambang Widjanarko, Feronika Heppy Sriherfyna

Abstract


Nira siwalan atau Legen (istilah Indonesia) didapatkan dari penderesan pohon siwalan. Kandungan gula yang tinggi dari nira siwalan ini membuat minuman Legen tidak tahan lama. Oleh karena itu, diperlukan teknologi untuk mengolah nira siwalan supaya tidak cepat basi salah satunya adalah  teknologi pasteurisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh proporsi nira siwalan murni dan proses pasteurisasi dalam pembuatan minuman Legen dalam kemasan sehingga memiliki karakteristik yang mampu diterima oleh konsumen.

Penelitian disusun menggunakan Rancangan Tersarang (Nested Design). Faktor I adalah proses pasteurisasi (1x dan 2x) sedangkan Faktor II adalah proporsi nira siwalan (40:60, 50:50, dan 60:40). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Analysis of Varian (ANOVA). Pemilihan perlakuan terbaik dilakukan dengan metode Multiple attribute. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik adalah minuman Legen dalam kemasan dengan proporsi nira:air 50:50 dan proses pasteurisasi 2X.

 

Kata Kunci: Legen Kemasan, Nira Siwalan, Pasteurisasi, Proporsi Nira


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Meilani Anugrah Gusti, Simon Bambang Widjanarko, Feronika Heppy Sriherfyna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.