ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN SUSU PASTEURISASI PULSED ELECTRIC FIELD “MILKAYA” DI CV MILKINESIA NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2022.010.04.3Keywords:
Analisis konjoint, Konsumen, Preferensi Konsumen, Susu pasteurisasiAbstract
Ponorogo menjadi satu dari 38 daerah terbesar yang menghasilkan susu di Jawa Timur, namun konsumsi olahan susu sapi masih kurang. Mengetahui preferensi konsumen dan menetapkan atribut yang paling diperhatikan berdasarkan persepsi konsumen terhadap produk susu pasteurisasi menggunakan teknologi Pulsed Electric Field (PEF) “Milkaya” hasil produksi CV Milkinesia Nusantara adalah tujuan dari riset ini. Atribut produk yang dipakai adalah varian rasa, kemasan, harga, dan lokasi pembelian. Lokasi ditentukan dengan menggunakan purposive sampling yakni secara sengaja dan sampel responden dengan nonprobability sampling dengan 100 responden rentang usia 7-12 tahun. Analisis data menggunakan metode deskriptif untuk karakteristik responden, uji validitas, reliabilitas, dan analisis preferensi dengan metode konjoint. Preferensi konsumen susu pasteurisasi PEF “Milkaya” yaitu, varian rasa coklat, kemasan bantal, harga jual 4000, dan lokasi pembelian di outlet Milkaya. Urutan atribut yang digunakan konsumen sebagai pertimbangan utama adalah varian rasa, lokasi pembelian, harga, dan model kemasan.
References
Ambarsari, I., Qanytah, & Sudaryono, T. (2013). Perubahan Kualitas Susu Pasteurisasi Dalam Berbagai Jenis Kemasan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 32(1), 10–19. https://doi.org/10.21082/jp3.v32n1.2013.p10-19
Azkiya, S. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Susu Anak Sekolah Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Fie Sabilil Muttaqien Tempurejo Kabupaten Ngawi. e-journal Boga. 5(1), 118-123.
Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2016). Produksi Susu Perah Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Jawa Timur : Badan Pusat Statistik.
Cahyanti, T., & Najib, M. (2016). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Yogurt Drink (Studi Kasus Kota Bogor Jawa Barat). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 176–183. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.19
Chairy, S. P. D. (2019). Penilaian Konsumen Terhadap Produk Susu Cair Pada Susu Ultra Milk dan Cimory. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(5), 1–8. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i5.4874
Christhopher, R. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Perilaku Pembelian Susu Kemasan : Studi Eksploratif. Manajemen Pemasaran. 6(2), 152–161.
Hartono, B., Utami, H., D., & Amanatullaili, N. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membeli Produk Susu Pasteurisasi Kabupaten Kudus. Buletin Peternakan Vol., 34(2), 123–130.
Kotler P. & Keller K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid I. Jakarta : Erlangga.
Kriswandi, D. A. (2021). Persepsi Konsumen dan Keinginan Membeli Susu Murni Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Produk Susu Murni Bantal CV. Cita Nasional). Jurnal Manajemen Agribisnis, 9(1), 249–260.
Maligan, J. M., Salsabella, F., & Wulan, S. N. (2018). Produk Roti Gandum Utuh Di Kota Malang Jawa Timur Consumer Preference Test On Organoleptic Characteristics Of Whole Wheat Bread Products In Malang City East Java. 6(4), 70–76.
Nugroho, Y.A. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Rumah Tangga Terhadap Susu Cair Kemasan di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.
Prastiwi, W.D. & Setiyawan, H. (2016). Perilaku Konsumsi Susu Cair Masyarakat di Daerah Perkotaan dan Pedesaan. Agromedia. 5(1), 41–53.
Pratama, S. (2018). Penilaian Konsumen Terhadap Produk Susu Cair Pada Susu Ultra Milk dan Cimory. 2(5), 1-7.
Prihadyanti, D., & Sari, K. (2020). Proses Inovasi Produk Pangan Fungsional: Studi Kasus Perusahaan-Perusahaan Lokal di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(2), 196–219. https://doi.org/10.12695/jmt.2020.19.2.6
Priyanto, A., D., Djajati, S., & Yulistiani, R. (2020). Implementasi Pulsed Electric Field Untuk Meningkatkan Efektivitas Pasteurisasi Susu Pada CV Milkinesia Nusantara i Ponorogo Khadimul Ummah. 4(1). 18 -24. http://dx.doi.org/10.21111/ku.v4i1.
Priyanto, A. D., Estiasih, T., Putranto, A. W., Widyasari, W., & Putra, R. K. (20d22). Edukasi Good Manufacturing Practice dan Hazard Analysis and Critical Control Points Pada Pengolahan Susu Segar di CV Milkinesia Nusantara. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 104–108. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i1.3064
Priyanto, A. D., Wicaksono, L. A., & Putranto, A. W. (2021). Pengaruh Suhu dan Waktu Pre-Heating pada Kualitas Fisik, Total Mikroba dan Organoleptik Susu Kolagen Sapi yang Dipasteurisasi Menggunakan Pulsed Electric Field. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis Dan Biosistem, 9(2), 141–153. https://doi.org/10.21776/ub.jkptb.2021.009.02.05
Puspitasari, N. B., & Hasya, A. (2014). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk CocaCola, Pepsi, dan Big Cola di Kota Semarang dengan Analisis Konjoin. Seminar Nasional IENACO 2014, 474–483.
Putranto, A. W., Priyanto, A. D., Estiasih, T., Widyasari, W., & Munarko, H. (2022a). Optimasi Waktu ¬Pre-Heating Dan Waktu Pulsed Electric Field Terhadap Total Mikroba Dan Sifat Fisik Susu. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, 10(1), 39–48. https://doi.org/10.29303/jrpb.v10i1.321
Putranto, A. W., Priyanto, A. D., Estiasih, T., Widyasari, W., & Munarko, H. (2022b). Optimasi Waktu Pre-Heating Dan Waktu Pulsed Electric Field Terhadap Total Mikroba Dan Sifat Fisik Susu. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, 10(1), 39–48. https://doi.org/10.29303/jrpb.v10i1.321
Ratnamentari, W. S., Rahayu, E., S., & Sundari, M. T.,. (2016). Analisis Perilaku Konsumen Susu Uht (Ultra High Temperature) Di Pasar Swalayan Kota Surakarta. Agribis. 4(3). 405 - 413
Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia.
Standar Nasional Indonesia. SNI 01 – 3141 – 1998: Syarat Mutu Susu Segar. Badan Standardisasi Nasional. 1998.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V.W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swastha. B. (2014). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Tan, W. (2011). Manajemen Kualitas Jasa.Edisi 1. Jakarta : Indeks.
Triratnawati, A. (2017). Makna susu bagi konsumen mahasiswa di kafe susu di Yogyakarta: antara gizi dan gengsi. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 14(1), 27. https://doi.org/10.22146/ijcn.17980
Uzundumlu, A. S., Birinci, A., & Kurtoğlu, S. (2018). Analysis of Factors Affecting Consumers in UHT Milk Consumption: The Case Study of Erzurum. Turkish Journal of Agriculture - Food Science and Technology, 6(10), 1485. https://doi.org/10.24925/turjaf.v6i10.1485-1492.2137
Waseso, G.D., Sumantri, B., & Irnad (2017). Analisis Keuntungan dan Efisiensi Usaha Susu Pasteurisasi di Koica Milk Shop Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. 454-465
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.