PEMBUATAN MINUMAN SERBUK MARKISA MERAH (Passiflora edulis f. edulis Sims) (KAJIAN KONSENTRASI TWEEN 80 DAN SUHU PENGERINGAN) [IN PRESS JULI 2014]

Yesi Ika Susanti, Widya Dwi Rukmi Putri

Abstract


Buah markisa merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Fitokimia yang berperan adalah karotenoid dan polifenol. Buah markisa merupakan sumber vitamin C yang baik sebagai antioksidan alami. Bentuk serbuk yang lebih praktis diharapkan dapat menambah umur simpan, dapat menambah minat mengkonsumsi markisa yang kaya zat gizi, serta mudah untuk didistribusikan. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh konsentrasi tween 80 dan suhu pengeringan dengan metode foam mat drying terhadap karakteristik fisik, kimia, dan organoleptik.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok. Faktor pertama adalah konsentrasi tween 80 (0.10%, 0.50%, dan 1.00% v/vtotal) sedangkan faktor kedua adalah suhu pengeringan (50⁰C dan 70⁰C). Analisis data menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji BNT(α = 5%). Penentuan perlakuan terbaik menggunakan metode Indeks Efektifitas de Garmo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perlakuan terbaik serbuk markisa menurut parameter fisik dan kimia diperoleh dari perlakuan konsentrasi tween 80 1% dan suhu pegeringan 50C.

 

Kata kunci: Foam Mat Drying, Tween 80, Markisa Merah, Karotenoid

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Yesi Ika Susanti, Widya Dwi Rukmi Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.