KARAKTERISASI EDIBLE FILM DARIPATI JAGUNG DENGAN PENAMBAHAN FILTRAT KUNYIT PUTIH SEBAGAI ANTIBAKTERI [IN PRESS JULI 2014]

Riza Rizki Amaliya, Widya Dwi Rukmi Putri

Abstract


Edible film merupakan lapisan tipis yang terbuat dari bahan yang bersifat hidrokoloid serta lemak atau campurannya yang berfungsi sebagai penghambat transfer massa serta dapat digunakan sebagai pembawa senyawa antibakteri yang dapat melindungi produk dari bakteri patogen. Senyawa antibakteri salah satunya fenol dapat ditemukan pada kunyit putih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh perpaduan proporsi pati jagung dan filtrat kunyit putih yang tepat untuk menghasilkan edible film yang mempunyai sifat fisik, kimia dan antibakteri yang paling baik.

Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok. Faktor pertama adalah konsentrasi pati jagung yang terdiri dari 1, 2 dan 3% (b/vtotal). Faktor kedua adalah konsentrasi filtrat kunyit putih terdiri dari 1, 4 dan 7% (v/vtotal). Analisis data dilakukan dengan metode ANOVA dan dilanjutkan dengan uji BNT (α=5%). Penentuan perlakuan terbaik menggunakan metode Multiple Atribute. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan terbaik diperoleh pada penambahan konsentrasi pati 3% dan filtrat kunyit putih 1%.

 

Kata kunci: Antibakteri, Edible film, Kunyit putih, Pati jagung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Riza Rizki Amaliya, Widya Dwi Rukmi Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.